Backpacker, Passion atau Ikut Ikutan ?

Belakangan ini sekitar 2014 dan 2015, di Indonesia cukup heboh dengan kata kata “Backpacker”, ya seakan akan backpacker menjadi sesuatu yang sangat trendy terutama di kalangan anak muda indonesia.
Menurut analisa saya hal ini semakin mencuat setelah film 5cm yang menceritakan tentang petualangan sekelompok anak muda mendaki puncak mahameru populer. dan juga cukup mengangkat industri Paket Wisata Bromo.

Banyak info yang menyebutkan bahwa pengaruh film tersebut cukup heboh, betul setelah itu pada remaja berduyun duyun untuk mendaki mahameru, bahkan ada yang sama sekali tidak punya pengalamanpun ikut ikutan mendaki.

Nah efek dari semua itu timbulah fenomena backpacker dimana para anak muda mayoritas berduyun duyun berwisata ala backpacker. Menurut saya asal muasal backpacker sebenarnya sudah ada sejak dulu yang mungkin dulu dikenal dengan Pecinta Alam.

Bagi seorang Pecinta Alam, apapun namanya kegiatan tersebut adalah passion dimana cara mereka untuk mendekatkan diri dengan alam, merenung dan mengagumi keindahan yang maha kuasa. Dengan cara memanggul ransel dipunggung inilah saya kira sebutan “BackPack” berasal .

Dan ada sekelompok lagi yang menyatakan dirinya adalah seorang BACKPACKER, namun tujuannya adalah sekedar status dan mengikuti trend, dimana tujuannya adalah eksis terutama di sosial media yang banyak kita temui akhir akhir ini.

Hal ini juga berimbas pada pengertian setiap backpacker adalah melakukan perjalanan dengan biaya sedikit, padahal tidak juga. Tujuan backpacker sendiri adalah bukan semata mata melakukan perjalanan wisata dengan biaya rendah.

Jadi mana yang anda pilih? Backpacker atas Passion atau Status??? semua kembali pada tujuan masing masing.

Sumber : http://traveloista.blogspot.com/2015/05/backpacker-passion-atau-ikut-ikutan.html

Gultik atau Gulai Tikungan

Jelajah Wisata Kuliner Jakarta, Gultik, Gulai sapi dengan kuah santan yang tidak begitu kental dan rasanya yang lezat disiramkan diatas sepiring nasi, ditambah taburan bawang goreng, kecap, dan kerupuk, Jika anda menyukai rasa pedas, Anda bisa meminta sambal pada pedagangnya. Rasanya memang sederhana namun tetap mempunyai rasa yang khas dan bikin kangen, sehingga rasa gurih gulai dipadu dengan manisnya kecap dan pedasnya sambal cukup untuk membuat anda ketagihan. Gulai ini termasuk jajanan kaki lima akan tetapi dengan rasa yang tidak kala hebat dengan masakan restoran, mungkin karena resep dan keahlian yang sudah ter asah lama

ada beberapa penjual gultik dan mereka mempunyai ciri khas masing-masing, mulai dari cita rasa atau tempatnya dan yang jelas penjualnya juga berbeda beda. Beberapa pengunjung setia memiliki abang-abang favorit untuk menjadi langganan menikmati Gulai diseputaran bundaran mahakam ini.

Kok Namanya Gultik?
Setau saya, nama Gultik berasal dari singkatan Gulai tikungan, karena para abang abang penjual gultik banyak yang berjualan disekitar tikungan atau bundaran Jalan Mahakam – Bulungan, Jakarta Selatan. Gultik biasanya diplesetin gulai tikus sih xixixixi tapi sebenarnya ya gulai sapi.

Berapa Harganya?

Untuk harga saat ini masih Rp 8.000 perporsi, harganya murah meriah tapi rasanya oke punya

Buka Jam Berapa?
Buka mulai jam 4 sore sampai jam 3 malam, tapi tergantung stok gulainya sih, terkadang sampai dengan jam 5 masih ada yang buka

Alamatnya dimana?
Seputar Bundaran Jalan Mahakam – Bulungan, Jakarta 12130, Indonesia, Jakarta Selatan, Jakarta Capital Region

dekat Blok M Plaza dan Ayam bakar Gantari

Suasananya?

Aku kira enak banget, ya gak ada salahnya kalo pingin jelajah wisata kuliner atau kongkow-kongkow untuk mampir di sini. Harganya murah, makanannya enak, dan tempatnya cukup nyaman dan semi terbuka sih tapi oke kok, bahkan banyak kalo malam para langganan yang menggunakan mobil maupun motor pada berdatangan, karena parkirannya juga luas, untuk parkirannya kurang lebih bayar Rp 2000 rupiah.

Para blogger, traveller atau siapaun itu, bahkan mas Bedul atau mas Panjul kalo ingin datang mencoba Gultik alias gulai tikungan silahkan datang lo ke alamat tersebut, dan dijamin ketagihan

Sumber : http://jelajahwisata.blogspot.com/2014/05/gultik-atau-gulai-tikungan.html

4 Tempat Wisata Air di Karawang Yang Menarik

Tempat Wisata di Karawang – Mengunjungi tempat wisata air di Karawang bisa menjadi pilihan anda yang menyegarkan di tengah teriknya matahari yang menyinari Kabupaten Karawang. Ada beberapa tempat wisata air di Karawang yang bisa anda kunjungi baik itu wisata alam maupun buatan seperti berikut ini.

Sekilas Karawang

Karawang adalah sebuah Kabupaten yang berada di bagian utara Provinsi Jawa Barat, luasnya 175.327 Ha dan berbatasan dengan Laut Jawa, Subang, Cianjur, Bogor, purwakarta serta bekasi. Sebagian besar daerah Karawang merupakan dataran rendah, sedangkan wilayah berbukitnya hanya sebagian kecil saja terdapat di utara.

Tempat Wisata di Karawang

1. Wonderland Adventure Waterpark

Wonderland Adventure Waterpark merupakan salah satu kolam renang yang bisa anda kunjungi di Karawang, lokasinya berada di pusat Karawang, tepatnya di area Galuh Mas. Waterpark Karawang ini kurang lebih memiliki 3 kolam renang dengan ukuran yang berbeda, selain itu ada juga flying fox dan seluncuran yang bisa anda nikmati. Harga Tiket Wonderland Adventure Waterpark ini adalah Rp. 60ribu hari biasa, sedangkan untuk hari libur Rp. 80ribu.

2. Taruma Leisure Waterpark

Taruma Leisure Waterpark juga bisa menjadi pilihan wisata anda di Karawang, lokasinya berada di area perumahan Grand Taruma Karawang. Waterpark yang luasnya sekitar 2,4 Ha ini memiliki 5 kolam renang dengan permainannya masing-masing seperti seluncuran ataupun kolam arus. Bagi anda yang ingin mengunjungi Taruma Leisure Waterpark ini harga tiketnya adalah Rp. 50ribu hari biasa dan Rp. 65ribu hari libur.

3. Curug Cigentis

Apabila ingin menikmati wisata alam di Karawang anda bisa mengunjungi Curug Cigentis yang terletak di kaki Gunung Sanggabuana, tepatnya di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Objek wisata air terjun ini dikelola oleh Perum Perhutani dengan fasilitas jalan setapak dan tempat ganti pakaian.

4. Green Canyon Mini Curug Ciomas

Curug Ciomas atau yang disebut juga Green Canyon mini berlokasi di perbatasan antara Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bogor, tepatnya di Kecamatan Pangkalan, Karawang. Di tempat ini anda juga bisa berbasah-basahan main air, karena disini ada air terjun dan aliran sungai berwarna hijau yang jernih.

Sumber : http://edged-berlin.blogspot.com/2015/12/4-tempat-wisata-air-di-karawang-yang.html

14 Tempat Wisata di Bogor Yang Recommended

Tempat wisata di Bogor – Bogor memang selalu menarik untuk dikunjungi karena ada banyak sekali tempat wisata di Bogor yang recommended untuk anda nikmati bersama teman maupun keluarga anda. Tentu saja anda sudah mengenal puncak yang selalu dipadati wisatawan setiap liburan akhir pekan, namun selain itu tahukah anda masih banyak lagi tempat wisata di Bogor yang recommended?

Sekilas Wisata Bogor

Bogor dikenal memiliki suhu udara yang relatif lebih sejuk serta pemandangan yang masih asri dibandingkan kota tetangganya, hal ini tidak terlepas karena daerah Bogor yang terletak di dataran tinggi, maka tak heran jika Bogor selalu mendapatkan kunjungan dari warga ibu kota dan sekitarnya yang hendak berlibur.

Tempat wisata di Bogor memang lebih banyak menawarkan wisata alam dan pemandangan yang menggoda, namun selain itu ada juga tempat rekreasi lain yang tidak kalah menarik seperti The Jungle atau Taman Safari yang sangat terkenal. Nah untuk menambah referensi anda yang berencana berwisata di Bogor, berikut ini ada 20 tempat wisata di Bogor yang recommended untuk dikunjungi.

Tempat Wisata di Bogor

1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor atau Bogor Botanical Garden adalah sebuah taman luas yang berisi aneka ragam tanaman hijau dimana anda dapat piknik dan berkumpul bersama keluarga atau sekedar jalan-jalan menikmati pemandangan. Selain memiliki beragam koleksi tanaman, di kebun raya ini juga terdapat museum zoologi dan garden shop. Lokasi Kebun Raya Bogor ini berada di tengah kota dan berdampingan dengan Istana Bogor.

2. Taman Safari Indonesia

Tempat wisata di Bogor selanjutnya adalah Taman Safari Indonesia yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi anda, di tempat ini anda bisa menyaksikan aneka satwa yang berkeliaran di area pegunungan  dengan menggunakan mobil pribadi atau kendaraan yang sudah disediakan dan setelahnya anda dapat melihat berbagai atraksi serta wahana menarik yang ditawarkan taman safari.

3. Jungleland Adventure Theme Park

Jungleland merupakan taman hiburan outdoor yang berlokasi di Kawasan Sentul Nirwana, Sentul City, Kabupaten Bogor. Di tempat wisata ini pengunjung akan disuguhkan lebih dari 28 wahana menyenangkan yang bisa dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa seperti water flume, ship adventure, fire pots, jump around dan lain sebagainya.

4. The Jungle Adventure Waterpark

Jika Jungleland menawarkan berbagai wahana permainan outdoor, beda lagi halnya dengan The Jungle Waterpark yang menawarkan kolam renang dengan berbagai ukuran serta wahana seluncurannya yang disukai oleh semua kalangan, sehingga salah satu tempat wisata di Bogor ini sangat cocok bila dikunjungi bersama keluarga serta teman anda.

5. Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari adalah sebuah tempat rekreasi agrowisata di Bogor yang sudah terkenal sejak lama, lokasinya berada di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Taman Buah Mekarsari ini tidak hanya menawarkan wisata petik buah saja, tetapi juga ada atraksi lainnya yang bisa dinikmati wisatawan seperti banana boat, flying fox, ATV dan lain sebagainya.

6. Waterkingdom Mekarsari

Setelah berkeliling di Mekarsari anda bisa menyegarkan diri dengan berenang di Waterkingdom Mekarsari yang jaraknya hanya sekitar 500 meter saja dari pintu masuk Taman Buah, waterpark mekarsari juga memiliki beberapa kolam renang serta wahana seluncuran yang bisa dinikmati oleh segala usia.

7. Kawasan Puncak

Kawasan Puncak tentu saja sudah tidak asing lagi bagi anda, tempat yang terkenal sejuk dan memiliki pemandangan alam nan hijau ini selalu menjadi incaran para wisatawan untuk menghabiskan masa liburannya. Adapun aktivitas wisata yang bisa dilakukan adalah jalan-jalan di kebun teh, sewa villa, mengunjungi masjid attawun, menyantap kuliner atau mengunjungi objek wisata yang ada di sana.

8. Curug Cilember

Curug Cilember atau yang disebut juga Curug 7 Cilember adalah salah satu air terjun di Bogor yang bisa dinikmati. Terletak di Cisarua Bogor, Curug Cilember memiliki 7 buah tingkatan air terjun dan semakin ke atas maka tingginya semakin rendah, diantara 7 curug cilember tersebut yang paling diminati wisatawan adalah curug ke-7 atau yang paling bawah karena lokasinya sangat mudah dijangkau dibandingkan curug lainnya.

9. Gunung Salak Endah

Gunung Salak Endah adalah sebuah kawasan wisata yang disebut juga Gunung Bunder oleh warga sekitar, lokasinya terletak di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Adapun daya tarik salah satu kawasan wisata di Bogor ini adalah banyaknya air terjun yang bisa dinikmati pengunjung, diantaranya adalah Curug Cigamea, Curug Ngumpet dan Curug seribu yang berada dalam satu kawasan.

10. Kawah Ratu

Masih berada di kawasan Gunung Salak ada kawah ratu bagi anda yang suka menjelajah gunung, pintu masuknya berada di pasir reungit dan untuk mencapai kawah ratu ini dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan. Kawah Ratu di Gunung Salak ini merupakan kawah aktif yang terletak di ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut.

11. Air Panas Gunung Pancar

Gunung Pancar adalah salah satu tempat wisata alam di Bogor yang berlokasi di kecamatan babakan madang, Kabupaten Bogor. Di tempat ini anda akan disuguhkan pemandangan hutan pinus yang menyegarkan serta pemandian air panas dengan kandungan mineral dan kalsium yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

12. Curug Nangka

Curug Nangka adalah sebuah air terjun di Bogor yang sangat dikenal dan lumayan ramai dikunjungi wisatawan, letaknya berada di daerah Ciapus dan masuk dalam kawasan taman nasional gunung halimun salak. Di kawasan wisata Curug Nangka ini anda bisa menikmati tiga curug sekaligus yaitu Curug Nangka, Curug Daun dan Curug Kaung.

13. Penangkaran Rusa Cariu

Penangkaran Rusa Cariu juga bisa menjadi tujuan wisata di Bogor yang menarik terutama untuk anak anda, karena disini wisatawan dapat melihat dan berinteraksi langsung dengan rusa-rusa tersebut tanpa ada pembatas apapun. Lokasi penangkaran rusa bogor ini berada di Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor, sekitar 500 meter dari tepi jalan raya yang menghubungkan Jonggol dan Cianjur.

14. Sentul Paradise

Tempat wisata di Bogor selanjutnya adalah Sentul Paradise yang memiliki sebuah air terjun bernama curug bidadari, air terjun ini telah dikelola oleh pihak swasta dengan membuatnya sedemikian rupa sehingga pengunjung bisa menikmati air terjun dengan kolam yang cukup besar dibawahnya. Lokasi sentul paradise/curug bidadari ini berada di Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor.

Sumber : http://edged-berlin.blogspot.com/2015/12/14-tempat-wisata-di-bogor-yang.html

Menyusuri Kalate Ndira

Satu lagi keindahan alam tersembunyi di tanah Bima tercinta ini, yaitu suatu tempat terpencil namun menawarkan keindahan serta pengalaman yang tak terlupakan saat kita menjajakan kaki, perjalanan yang panjang serta medan yang berat semua itu akan terbayar saat Kita sampai ditujuan kita kali ini, yaitu di Kalate Ndira.

Kalate Ndira yaitu nama sebuah sungai yang berada di Desa Sie Kecamatan Monta Kabupaten Bima, Kalate yang berarti batu besar atau tebing batu sedangkan Ndira yaitu rata Jadi nama kalate ndira itu batu besar yang berbentuk rata, sedangkan untuk mencapai ke Kalate Ndira ini kita harus berkendara ke Desa Sie kira-kira 1 jam perjalanan dari Kota Bima menggunakan motor, setelah sampai kita kembali harus berkendara mengarah ke Dusun 'diha disini kita langsung bisa menikmati keindahan ladang sawah nan subur namun kita juga harus berhati-hati karena jalannya belum diaspal sama sekali alias masih tanah sehingga saat musim hujan seperti sekarang akan sangat menyusahkan, selain licin ban motor kami juga harus sesekali dibersihkan dari tanah yang menempel, sekitar 10 sampai 15 menit dari jalan raya untuk sampai di dusun 'Diha ini, disini kami beristirahat sejenak dirumah warga mengisi kembali tenaga dengan makan makanan ringan sebelum perjalanan kembali dilanjutkan, orang di Dusun ini sangat terbuka dan ramah kepada orang yang baru datang seperti kami ini, kami juga sekaligus meminta ijin kepada tuan rumah untuk numpang parkir motor dihalaman rumahnya, karena perjalanan berikutnya tidak memungkin lagi untuk menggunakan motor! Dari sinilah fisik kita mulai diuji untuk sampai ke Kalate Ndira tersebut, dalam perjalanan pemandangan tertutup oleh semak-semak hanya jalan stapak yang harus kita ikuti untuk sampai dilokasi, hanya 10 menit dari rumah warga dengan medan yang cukup bersahabat sangat cocok buat yang suka tracking digunung. 

Saat kita memasuki lokasi sungai ini pemandangan indah langsung menyambut Kita, terdengar dari kejauhan suara gemuruh air membuat rasa letih dan penat sedikit terlupakan.


memasuki spot pertama di lokasi Kalate Ndira.

Disini kita bisa beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan yang jarang kita temui di Kota, dengan air yang jernih serta aliran sungai yang tenang Kita bisa langsung bercebur kedalaman-nya pun masih terbilang aman buat yang belum mahir berenang, pemandangan di spot pertama ini sangat indah, terdapat air terjun yang mengalir dengan tenang dan di bawahnya terbentuk sebuah kolam alami yang dipinggirnya tersusun rapi bebatuan besar serta pepohonan hijau yang menyejukan mata seakan menambah daya tarik lokasi ini, jika kalian berkunjung ke lokasi ini sangat disarankan untuk menjaga kebersihan sisa-sisa makanan sebaiknya dikumpulkan dan dibawa pulang ke luar dari hutan ini, karena keindahan seperti ini tidak akan bertahan lama jika kita tidak menjaganya!
Perjalanan masih berlanjut untuk sampai ke spot berikutnya yakni tempat bercebur sesungguhnya [;P] namun karena kami memulai perjalanan dari bawah sungai maka untuk sampai ke lokasi ke 2 harus melawan arus sungai, tapi tenang walaupun perjalanan kami saat itu terus diguyur hujan tapi aliran air sungai Kalate Ndira ini masih dalam tahap yang aman mungkin karena aliran sungai yang bersumber dari pegungungan sehingga tidak begitu deras, yang menjadi perhatian kami adalah langkah demi langkah saat menapaki bebatuan karena licin, alhamdulillah semua anggota tidak ada yang cedera walaupun sesekali ada yang terpeleset. selama perjalanan kita ga bakalan bosan dengan suguhan pemandangan disini, seperti bebatuannya dengan berbagai ukuran dan bentuk serta tumbuhan yang hidup disekitar membuat seakan kita sedang berada di film Jurasic Park, hehe..tapi sayang selama diperjalanan menuju ke spot 2 kami tidak sempat berfoto karena kendala hujan deras! 

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 15 menit disinilah spot ke 2 itu, hampir sama seperti spot 1 namun disini kita bisa mandi sepuasnya karena kedalamannya yang pas, ditambah lagi dengan adanya batu-batu besar disamping kiri kanan sungai bisa dijadikan tempat untuk melompat.

di lokasi terakhir ini juga terdapat pemandangan yang unik tepat dipinggir sungai ini, pokoknya jika kalian ke tempat ini ingat saja (batu dan pohon), pasti kalian temukan sesuatu. Setelah semuanya mandi saatnya back to home, jangan khawatir untuk jalan pulangnya karena kita tidak harus turun kembali ke tempat pertama, karena tepat di sisi sungai ini juga terdapat jalur yang mengarah ke tempat star dari rumah warga tadi, pokoknya pemandangan disini gak ada habis-habisnya saat pulangpun kita masih disuguhi pemandangan pegunungan khas nusantara yang hijau karena kita berada digunung otomatis perjalanan pulang ini kita terus turun dengan medan tanah kendala cuma becek aja kok!
Nah gimana tertarik untuk mengunjungi kalate ndira ini semoga info yang kami bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua! jangan lupa tinggalkan komentar ya…

Sumber : http://wisata-bima.blogspot.com/2014/02/menyusuri-kalate-ndira.html

6 Tempat Wisata di Sumedang Yang Bisa Anda Tuju

Tempat Wisata di Sumedang – Semua orang sudah tahu kalau salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat ini sangat terkenal dengan tahu sumedangnya, namun banyak orang yang belum tahu apa saja tempat wisata yang ada di Sumedang. Nah, bagi anda yang belum mengetahui tempat wisata di Sumedang, objek wisata berikut ini mungkin bisa jadi tujuan wisata anda saat berada di Sumedang.

 1. Kampung Toga

Kampung Toga adalah kawasan wisata terpadu yang berlokasi tidak jauh dari alun-alun Kota Sumedang. Dengan nuansa asri khas pedesaan, kampung toga menawarkan berbagai fasilitas yang bisa anda nikmati seperti restaurant, outbound, kolam renang dan villa.

2. Curug Sindulang atau Cinulang

Curug Sindulang alias Curug Cinulang merupakan air terjun yang terletak di antara Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung, lebih tepatnya berlokasi di Desa Sindulang. Curug ini memiliki dua air terjun dengan tinggi sekitar 50 meter.

3. Gunung Kunci

Gunung Kunci sebenarnya bukan gunung, melainkan sebuah bukit kecil dengan banyak pohon pinus yang terletak tidak jauh dari pusat Kota Sumedang. Di Gunung Kunci ini terdapat benteng peninggalan zaman Belanda yang menjadi salah satu daya tarik tempat ini.

4. Wisata Alam Pangjugjugan

Wisata Alam Pangjugjugan yang berlokasi di Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, menawarkan sejumlah wisata yang cukup menarik dimana para wisatawan bisa menikmati terapi ikan, flying fox, outbound, kolam renang, serta lain sebagainya.

5. Pemandian Air Panas Buah Dua

Pemandian Air Panas Buah Dua atau yang biasa disebut juga Cipanas Cileungsing Buah Dua merupakan pemandian air panas yang terletak di kaki gunung tampomas, lokasi tepatnya berada di Desa Cilangkap, Kecamatan Buah Dua, Kabupaten Sumedang.

6. Gunung Tampomas

Gunung Tampomas sangat cocok bagi anda yang suka mendaki gunung dan berkemah, karena gunung berapi dengan ketinggian 1.684 mdpl ini memiliki area terbuka yang cukup luas di puncaknya yang sering digunakan untuk berkemah sambil melihat pemandangan ke arah Sumedang.

Sumber : http://edged-berlin.blogspot.com/2015/12/6-tempat-wisata-di-sumedang-yang-bisa.html

Air Terjun Oi Nca Wera

Buat kalian yang hobby berpetualang di alam terbuka seperti mendaki bukit, menelusuri sungai atau sekedar mencari pemandangan baru dengan berfoto di alam, kalian harus coba wisata yang satu ini, Air terjun Oi Nca yang berada di Kecamatan Wera Kabupaten Bima ini menawarkan pengalaman yang seru yang sayang jika kalian lewatkan.
Air terjun oi Nca persisnya berada di Desa Ntoke, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima. Desa ini sedikit terpencil karena letaknya yang lumayan jauh dari Desa sekitarnya namun untuk akses masuk ke Desa Ntoke tidak ada kendala yang berarti. Okey…sebelumnya untuk sampai di Kecamatan Wera ini jika dari Kota Bima kita harus berkendara selama kurang lebih 1 jam 30 menit dan itu berarti kita akan mengarah ke utara melewati Kelurahan Jatiwangi dan Jatibaru Asakota Kota Bima serta jalur Ncai Kapenta yang terkenal dengan suasana pegunungan hijaunya. Memasuki Kecamatan Wera kita akan terus mendapati pemandangan pantai, disini juga bisa menjadi tempat beristirahat sembari melemaskan otot yang tegang selama perjalanan, Desa Ntoke berada agak jauh dari jalan rayanya jadi selama perjalanan kita sebaiknya sambil tanya sama warga yang kita temui agar tidak salah jalan..hehe
Dan akhirnya kami sampai di ujung Desa Ntoke pada pukul 11.50 disini kita bisa menitipkan kendaraan di rumah-rumah warga Desa. Karena kami pertama kali datang maka kami juga mengajak anak muda setempat untuk menjadi guide kami selama perjalanan ke air terjun.

Dari Desa inilah kita mulai tracking alias berjalan kaki karena kendaraan biasa sudah tidak mungkin digunakan lagi dikarenakan medan yang berlumpur dan berbatu, tapi tenang…perjalanan kita tidak serta merta hanya merasakan capek dan lelah akan tetapi yang kita dapatkan dibalik itu semua yaitu pemandangan hijau pegunungan yang mungkin jarang kita temui dikehidupan sehari-hari, apalagi jalur yang akan kita tempuh juga melewati sungai dengan bebatuan besar yang semakin mempercantik pemandangan.

Setelah menempuh perjalanan selama kurang dari 1 jam, dari kejauhan suara gemuruh air akan menyambut kedatangan para pengunjung dan pada pukul 12.40 sampailah kami sampai di air terjun Oi Nca Wera.
Suasana sejuk khas pegunungan ditambah lagi dengan suara air terjun seakan membuat kita melupakan rasa lelah dan capek selama perjalanan, disini juga kita bisa berbaring melepas lelah di atas bebatuan besar disekitar air terjun, tempat ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dan tentunya bisa menjadi alternatif tempat wisata diwaktu liburan. 
Disini kami makan siang bersama-sama kemudian akhirnya menikmati sensasi mandi di bawah air terjunnya.
Dan setelah kami puas bermain air dan berfoto-foto ria, pukul15.20 kamipun siap-siap untuk kembali ke Desa namun sebelumnya untuk dokumentasi kami berfoto bersama dengan latar Air Terjun Oi Nca, Oia trip kali ini wisata bima ditemani juga oleh teman-teman dari Mbojo Backpaker, selama perjalanan kami saling bertukar informasi seputar tempat-tempat keren lainnya, semoga ini menjadi awal yang baik buat wisata bima maupun mbojo backpaker dan bisa ngetrip bareng lagi dilain waktu untuk sama-sama memajukan  dan mempromosikan tempat wisata yang ada di Bima (y).


Sumber : http://wisata-bima.blogspot.com/2015/01/air-terjun-oi-nca-wera.html